Jumat, 24 Juni 2011

bonex mania


Solidaritas mekanik

          Supporter, supporter merupakan salah satu bentuk solidaritas, tepatnya solidaritas  mekanik yang berada di perkotaan. Biasanya, solidaritas mekanik berada di pedasaan. Solidaritas yaitu hubungan antar individu dan atau kelompok yang didasarkan pada perasaan moral dan kepercayaan yang dianut bersama yang diperkuat oleh pengalaman emosional bersama (D.P Johnson 181). Sedangkan solidaritas mekanik yaitu solidaritas yang didasarkan pada suatu “kesadaran kolektif” bersama yang menunjuk pada  “totalitas kepercayaan-kepercayaan dan sentimen-sentimen bersama yang rata-rata ada pada warga masyarakat yang sama” (D.P Johnson, 183). Adapun cirri-ciri solidaritas mekanik yaitu :
1.     - Pembagian kerja rendah.
2.     - Kesadaran kolektif kuat (tradisional).
3.     - Hukum represif dominion.
4.     - Individualitas rendah.
5.     - Consensus pada pola-pola normative itu penting.
6.     - Keterlibatan komunitas dalam menghukum orang yang menyimpang.
7.     - Ketergantungan rendah.
8.     - Bersifat primitive atau pedesaan. (D.P Johnson, 188)

          Salah satu contoh solidaritas mekanik yaitu Bonex Mania supporter Persebaya Surabaya. Mereka para Bonex Mania berbondong-bondong menuju stadion 10 November saat Persebaya bertanding berdasarkan rasa yang sama, kepentingan yang sama, kepercayaan yang sama pula dan mungkin masih banyak lagi kesamaan-kesamaan atau kesadaran-kesadaran kolektif yang dimiliki oleh para Bonex Mania
          Dilihat dari kesadaran kolektifnya yang kuat, hampir semua para supporter Bonex Mania merupakan tradisi yang diturunkan atau diwariskan oleh para pendahulunnya. Selain itu bisa dibilang juga mereka berbondong-bondong itu karena bawaan sejak lahir yang diwariskan oleh keluarganya, dan di pengaruhi oleh linkungannya  yang juga pecinta Persebaya. Dilihat dari segi individualitasnya yang rendah, para Bonex Mania selalu berkelompok dalam melakukan aksinya mendukung Persebaya. Biasannya, para supporter sebelum menuju stadion berkumpul dulu di pinggir jalan, lalu berangkat bersama-sama dengan saling beriring-iringan naik kendaraan bermotor. Ada juga yang naik (nggandol) diatas kendaraan besar seperti truk, mobil gundul (pick up) dll, dengan cara mencegat mobil di pinggir jalan lalu naik bersama-sama. Kadang kalanya saat naik (nggandol) kendaraan besar tidak sampai ke stadion, jadi mereka berhenti di pertengahan jalan sambil menunggu supporter lain yang meuju ke stadion dan berangkat bersama-sama.
  
          Para Bonex Mania dalam mendukung selalu bersama-sama, bergerombol. Semua itu untuk menunjukkan bahwa mereka adalah supporter yang solit, supporter yang selalu mendukung Persebaya dengan kesadaran bersama, kepercayaan bersama, dan kepentingan bersama yaitu untuk Persabaya Surabaya.

1 komentar:

  1. Trimakassih artikel yang bermanfaat bagi saya
    kunjungi blog saya juga ya, di pelitawisatakita

    BalasHapus